Avanza Kembali Salip Xpander

Setelah sempat beberapa bulan selama 2018 ini posisi Avanza sebagai raja LMPV di Indonesia tergeser oleh Xpander. Kini Avanza kembali mendapatkan posisinya sebagai mobil LMPV terlaris di Indonesia.


Sebelumnya posisi Avanza ini tergeser oleh Xpander karena harga yang lebih kompetitif, desain yang lebih futuristik, & fitur yang lebih banyak. Elemen-elemen ini membuat pasar tertarik, termasuk emak yang sangat mengidolakan Xpander. Akhirnya posisi Avanza yang sebelumnya sangat kuat di Pasar LMPV & selama bertahun-tahun tak terkalahkan, akhirnya tergeser juga oleh Xpander sejak awal 2018.

Namun kembalinya Avanza ke posisi puncak ini adalah dengan tanpa kerja keras. Avanza tidak melakukan promo yang agresif. Toyota tampak santai dan percaya diri saat Avanza disalip oleh Xpander. Dari sini terlihat brand Toyota sangat kuat yang menjadikan mereka yakin dalam long run, Avanza akan kembali ke posisi atas tanpa susah payah. Dan ternyata long run tersebut dapat dikatakan sangat pendek, karena tahun 2018 belum berganti posisi Avanza sudah kembali.

Kembalinya Avanza ke posisi teratas ini lebih karena masalah internal dari Xpander. Eits masalah yang emak maksud disini bukan produknya bermasalah lho ya. Tapi Xpander mengalami over demand yang parah. Penjualan yang bagus tidak dibarengi dengan kuota produksi yang seimbang. Akibatnya calon pembeli harus indent hingga berbulan-bulan. Bagi sebagian besar pembeli tentu ini adalah deal breaker. Nah calon pembeli yang batal itu tentunya sebagian besar akhirnya tercaplok oleh Toyota Avanza.

Dari Awal sebenarnya emak sudah memperkirakan hal ini akan terjadi karena emak sendiri harus indent sekitar 5-6 bulan. Dan itu termasuk super lama untuk kelas mobil LMPV. Jika Mitsubishi motor dapat menambah kuota produksi mereka seharusnya Xpander dapat bertahan di posisi puncak sedikit lebih lama. Tetapi justru emak suka jika Xpander batal menggantikan Avanza sebagai mobil sejuta umat, agar tidak banyak kembarannya. :P

Comments

Popular posts from this blog

Film & Pengaruhnya Terhadap Penggemar Otomotif

Final NBMC Menghasilkan Generasi Yang Jago Matematika & Bisnis

Aksi Kasih 2018, Program CSR Keren yang Memberi "Kail"