Perawatan Extra Mobil di Musim Hujan

Musim Hujan sudah mulai tiba nih emak-emak. Bagi para emak yang memiliki kendaraan pribadi nih, jangan handalin suami untuk merawat kendaraan kita ya mak. Karena ini mobil atau motor pribadi kita, jadi para emak juga harus paham cara merawatnya. Kan konon katanya wanita yang paham otomotif meski sedikit itu seksi dimata lelaki lho Mak. Jadi Jika emak-emak paham cara merawat kendaraannya dan tidak merepotkan suami untuk merawat kendaraan pribadi kita, tentu mereka lebih sayang donk. Kayak emak & suami nih, yang mesra selalu karena sama-sama hoby otomotif.

Di musim hujan ini, kendaraan perlu perhatian extra. Pertama kendaraan sebaiknya lebih sering di cuci. Tujuan di cuci ini adalah agar selain tampak bersih, karena saat musim hujan begini memang kendaraan mudah banget untuk kotor akibat percikan genangan air. Tujuan utama sering mencuci kendaraan di musim hujan adalah untuk mencegah karat & keropos yang timbul karena air hujan. Air hujan saat ini karena pengaruh dari polusi pabrik dan sebagainya, menjadikan airnya bersifat asam. Asam pada air hujan ini dapat mempercepat oksidasi alias karat nih mak. Kalau para emak sedang sibuk karena habis mengurus pekerjaan masih harus mengurus rumah dan anak, setidaknya sehabis mobilnya digunakan saat hujan segera disiram dengan air bersih saat sampai di rumah. Gunakan selang untuk menyiram bagian bawah mobil yang biasanya memang mudah berkarat.

Selain harus lebih sering mencuci kendaraan dan menyiram dengan air bersih setelah kehujanan. Perawatan yang lain adalah mengganti olie mesin lebih cepat. Misalkan dianjurkan penggantian olie setiap 8000km, saat musim hujan ini sebaiknya sebelum mendekati 8000km sudah diganti olienya. Penggantian olie saat musim hujan menurut emak kalau anjurannya setiap 8000km maka penggantiannya adalah pada setiap 7000km. Olie mesin menjadi lebih cepat rusak di musim hujan ini. Jadi agar mobil lebih awet tentunya olie mesin haruslah diperhatikan.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat musim hujan ini adalah jangan menerabas jalan banjir yang terlalu tinggi. Jika didepan ada banjir jangan langsung diterabas ya emak-emak. Sebaiknya menepi dulu ke tempat yang lebih tinggi sambil buka iPhone atau S9-nya dan cari jalan alternatif yang lebih aman. Mobil yang mogok karena banjir itu biaya untuk membetulkannya sangat mahal lho mak. Apalagi jika komputer mobilnya yang sampai rusak karena air, biaya reparasinya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Dengan memperhatikan hal diatas tentunya mobil pribadi emak menjadi lebih awet. Dan ingat ya emak agar tetap safety riding selama musim hujan.

Comments

Popular posts from this blog

Film & Pengaruhnya Terhadap Penggemar Otomotif

Final NBMC Menghasilkan Generasi Yang Jago Matematika & Bisnis

Aksi Kasih 2018, Program CSR Keren yang Memberi "Kail"