Kompetisi Matematika Yang Membuat Anak Jago Bisnis


Emak mendapatkan kabar dari anak emak yang bungsu, bahwa kompetisi matematika yang diadakan oleh SUN Indonesia & Unika Widya Mandala akan kembali diadakan pada Maret 2019 nanti. Kompetisi matematika yang menguji kemampuan logika berpikir matematis untuk menyelesaikan persoalan dunia bisnis ini sangat bagus bagi anak-anak. Dan saat ini pendaftarannya sudah di buka secara online di www.nbmc-indonesia.com. Kompetisi ini pertama kali diadakan pada Mei 2018 lalu, anak emak sebenarnya ikut, namun karena sakit tidak dapat hadir saat semifinal. Sehingga dia gembira sekali saat kompetisi ini diumumkan akan diadakan kembali pada Maret 2019 nanti. Dia ingin mencoba kembali untuk mengikuti kompetisi National Business Mathematics Competition ini.

Emak sih sangat mendukung sekali, keputusan anak emak yang bungsu untuk mengikuti kompetisi Matematika NBMC ini. Pertama berkat mengikuti kompetisi ini pada tahun lalu saat dia masih kelas 10. Sekarang emak tidak perlu lagi mengomelin dia agar belajar saat ulangan matematika. Si adik menjadi paham bahwa matematika itu sangat penting, bukan sekedar menghitung cepat dan tepat dengan menghapalkan rumus-rumus. Matematika lebih dari semua itu, matematika mengajarkan kita untuk berpikir secara sistematis untuk mengambil keputusan penting terutama saat di dunia kerja. Dulu emak harus ngomel panjang lebar agar dia mau belajar matematika, selalu dijawab "buat apa belajar, nanti juga pakai kalkulator dan excel di komputer saat kerja." Kini setelah mengikuti NBMC 2018 lalu meski gagal hadir saat di final, si bungsu ini sudah berubah total dan berubah menjadi suka dengan matematika. Memang benar pengalaman lebih berharga daripada seribu omelan.

Di NBMC 2019 ini dibuka banyak kategori baru sehingga peserta terbuka mulai dari SD hingga SMA. Tentunya materi soal menyesuaikan dengan setiap tingkat kelas peserta. Jadi untuk emak yang anaknya masih SD tidak perlu khawatir, peserta yang masih SD tentu berkompetisi dengan sesama anak SD dari kelas yang setingkat, dengan soal yang sesuai dengan pengetahuan mereka. Sangat bagus jika kompetisi matematika seperti ini sudah dibuka untuk anak SD, sehingga sejak dini mereka sudah paham konsep bahwa matematika sangat penting untuk masa dewasa mereka kelak, bukan sekedar pelajaran yang menyusahkan dan menjadi momok bagi sebagian pelajar.

Bagusnya lagi kompetisi ini memberikan apresiasi bagi guru pembimbing dan juga sekolah. Sangat jarang kompetisi baik matematika maupun science yang memberikan penghargaan terhadap guru dan sekolah seperti ini. Jadi bagi guru pembimbing yang sudah memberikan waktunya untuk membina anak-anak dalam mengikuti lomba NBMC akan menerima hadiah khusus jika anak didiknya menjadi juara per-kategori level. Sedangkan sekolah yang paling banyak menghantarkan siswa-siswinya masuk ke babak semifinal juga akan mendapatkan penghargaan dari penyelenggara.

Jadi yuk emak-emak, kita daftarkan anak-anak kita mengikuti lomba NBMC yang sangat bermanfaat ini.

Comments

Popular posts from this blog

Film & Pengaruhnya Terhadap Penggemar Otomotif

Final NBMC Menghasilkan Generasi Yang Jago Matematika & Bisnis

Aksi Kasih 2018, Program CSR Keren yang Memberi "Kail"