Cetak Brosur Art Paper Sendiri Lebih Hemat, ala Emak Rider

Usaha emak memiliki persaingan yang sangat ketat. Karenanya membutuhkan promo-promo untuk mempertahankan pelanggan lama serta menarik pelanggan baru. Untuk itu emak tentunya membutuhkan media promosi yang sesuai, misalkan brosur. Dan selama ini karena sifat promosinya adalah dalam jangka waktu yang terbatas, misalkan tematik seperti imlek & valentine kemarin. Tentunya brosur yang perlu dicetak tidaklah terlalu banyak. Mungkin keperluan untuk kedua promo ini tidak lebih dari 1000 lembar. 

Jumlah yang sedikit ini tentunya tidak mungkin dilayani oleh percetakan offset. Mencetak sendiri menggunakan kertas HVS tentunya kesannya tidak bonafide donk. Karenanya selama beberapa tahun ini mencetaknya di jasa printing yang mampu cetak ke art paper agar menghasilkan brosur yang berkualitas. Namun setelah emak hitung ulang cara ini dapat dikategorikan pemborosan. Dalam setahun bisa beberapa kali emak membuat brosur promo seperti ini. Setelah emak hitung ulang membuat sendiri untuk jangkah panjangnya menjadi lebih hemat.

Karena kertas yang biasa digunakan untuk brosur adalah kertas art paper. Sedangkan kertas art paper ini tidak dapat dicetak menggunakan printer inkjet standard seperti yang emak miliki. Setelah emak melakukan riset di internet, kertas art paper ternyata selain dicetak pada percetakan offset juga dapat dicetak menggunakan printer laser dan juga printer inkjet yang telah dimodifikasi dengan menggunakan tinta khusus untuk art paper.

Langsung saja emak melakukan pembandingan antara printer laser dengan printer inkjet yang menggunakan tinta khusus art paper. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing menurut emak. Pertama dari kecepatan cetak printer laser lebih cepat daripada printer inkjet. Perawatan dan refill lebih mudah printer inkjet yang menggunakan tinta art paper, printer laser membutuhkan perawatan yang lebih rumit, serta refill toner untuk warna juga tidak semua tempat  jasa refill toner tersedia. Untuk melakukan sendiri juga tidak mudah. Sedangkan printer inkjet dengan inktank proses refillnya jauh lebih mudah.

Kesimpulannya printer laser lebih unggul dalam kecepatan cetak, namun untuk perawatan & refill lebih susah dan tidak dapat dikerjakan sendiri, Harga toner baik ori maupun refill juga terbilang  lebih mahal. Sedangkan printer Inkjet yang telah menggunakan tinta art paper meski kecepatan cetak tidak setinggi printer laser, namun perawatan & refill jauh lebih mudah, 1 set CMYK tinta art paper biasanya seharga refill toner 1-2 cartridge printer laser.  Setelah membandingkan keduanya, emak merasa solusi printer inkjet yang menggunakan tinta art paper adalah lebih ekonomis.

Selanjutnya dari hasil riset emak juga ternyata tinta art paper untuk printer inkjet itu kualitasnya sangat beragam. Kualitasnya terlihat dari hasil cetaknya, tinta yang bagus akan memiliki warna yang secerah cetak offset bahkan lebih cerah, sedangkan yang kualitasnya tidak bagus maka warnanya akan tidak secerah dari hasil cetak offset. Karena untuk keperluan promosi tentu hasil warna hasil cetaknya harus bagus donk. Setelah mencari tahu lebih dalam emak mantap memilih DURA ULRA Art Paper Ultra Vivid Photo Ink. Hasil warna cetaknya berdasarkan berbagai testimoni adalah yang paling cerah dibandingkan tinta art paper lainnya. Kemudian juga aman untuk keperluan pribadi, tinta art paper biasanya perlu digunakan setiap hari, sedangkan tinta DURA ULTRA ini aman meski tidak digunakan setiap hari. Yang penting rutin digunakan & tidak dibiarkan terlalu lama tanpa penggunaan.

Kini setelah emak memiliki printer inkjet yang telah diisi DURA ULTRA Ink ini selain lebih hemat untuk keperluan cetak brosur. Emak juga dapat membuat sticker sebagai merchandise untuk diberikan pada konsumen menggunakan bahan sticker waterproof seperti bontax. Sticker bontax sama seperti kertas art paper pada printer inkjet hanya dapat dicetak menggunakan tinta art paper seperti DURA ULTRA Ink ini. Dengan mencetak sendiri ini, emak memperkirakan penghematan dari segi pengeluaran untuk media promosi dapat dihemat cukup besar dan jumlah cetaknya dapat dibuat lebih efisien yang meminimkan jumlah media promo yang tidak terbagikan.

Keunggulan lain dari DURA ULTRA Ink selain dapat digunakan untuk kertas offset seperti art paper & bontax adalah memiliki hasil cetak yang tahan lama. Termasuk juga saat hasil cetaknya terkena sinar matahari setiap hari. Jadi dengan memiliki printer dengan isi DURA ULTRA ini selain untuk keperluan kantor, emak jadi dapat mendandani mobil emak dengan berbagai striping yang emak cetak sendiri.

Emak sangat puas dengan tinta DURA ULTRA ini yang memberikan penghematan cukup besar serta dapat emak gunakan untuk hobby emak di otomotif. Lebih hematnya lagi emak juga membeli tinta ini dengan gratis ongkir, langsung saja kesini jika ingin mendapatkan gratis ongkir dalam membeli tinta DURA ULTRA seperti emak.

Comments

Popular posts from this blog

Film & Pengaruhnya Terhadap Penggemar Otomotif

Final NBMC Menghasilkan Generasi Yang Jago Matematika & Bisnis

Kompetisi Matematika Yang Membuat Anak Jago Bisnis