Mudik 2019 Dengan Tol Trans Jawa.

Mudik Lebaran tahun ini diharapkan dapat lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, khususnya di Pulau Jawa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini ruas tol Trans Jawa yang sudah dibuka telah lebih banyak. Setidaknya saat ini dari Merak hingga Probolinggo telah dibuka secara penuh dan sudah tidak ada lagi tol fungsional diantaranya, seperti pada tahun lalu. 


Dengan adanya tol Trans Jawa yang telah beroperasi sepenuhnya dari Merak hingga Probolinggo ini, tentu diharapkan kemacetan dapat terurai dengan adanya pilihan untuk menggunakan jalan raya provinsi atau jalan tol. 

Untuk diluar waktu mudik lebaran menggunakan tol untuk bepergian dari Jakarta hingga ke Jawa Timur memang memiliki waktu tempu yang relatif singkat dan nyaman dengan banyaknya rest area selama perjalanan serta sejumlah ruas tol memiliki pemandangan yang indah, seperti Tol Bawen. Namun untuk waktu mudik nanti, kita tetap harus mengantisipasi waktu tempuh menjadi lebih lama dan sejumlah kemacetan di pintu Tol. Emak perkirakan pintu keluar Tol di Semarang, Surakarta, & Surabaya akan mengalami mengalami kemacetan. Karena untuk yang menempuh perjalanan jauh, misalkan dari Jakarta hingga ke Banyuwangi akan memilih beristirahat disalah satu dari ketiga kota ini sebelum melanjutkan perjalanan. Dan pinto Tol Probolinggo sebagai pintu tol terakhir bisa jadi juga mengalami kemacetan parah. 

Tol lainnya yang bisa mengalami kemacetan parah selama libur Lebaran adalah Tol Surabaya - Malang. Kota Malang memiliki daya tarik wisata yang luar biasa terutama kota Batu yang memiliki objek-objek wisata yang telah terintegrasi satu dengan yang lainnya. Dari tahun ke tahun, kota Malang & Batu selalu menjadi jujugan oleh warga selama libur Lebaran, meski pada tahun sebelumnya belum ada tol dan harus macet hingga 12 jam dari Surabaya hingga Malang. Dengan adanya Tol Surabaya - Malang, diperkirakan akan terjadi lonjakan wisatawan lokal yang menuju ke Malang & Batu selama Lebaran 2019 nanti.

Tentu saja yang perlu dipersiapkan selama mudik dengan menggunakan tol ini adalah saldo dari kartu uang elektronik kita wajib mencukupi. Sebagai gambaran, biaya tol dari Jakarta - Probolinggo adalah Rp. 727.500,- untuk mobil pribadi. Jadi persiapkan saldo agar mencukupi. Kemudian meski jumlah rest area cukup banyak, persiapkan air minum yang cukup di dalam mobil untuk menghindari dehidrasi. Yang terakhir sekaligus yang terpenting, bawalah bahan bakar cadangan dengan menggunakan kontainer logam untuk menghindari listrik statis dan kebakaran.

Ingat selama di tol patuhi rambu batas kecepatan atas & bawah, serta hindari penggunaan bahu jalan. Yang penting adalah selamat sampai tujuan dan Silaturahmi dengan keluarga besar selama Lebaran.

Comments

Popular posts from this blog

Film & Pengaruhnya Terhadap Penggemar Otomotif

Final NBMC Menghasilkan Generasi Yang Jago Matematika & Bisnis

Kompetisi Matematika Yang Membuat Anak Jago Bisnis